Kisah Pencipta Lagu Nasyida Ria

Tiga kaset pertama yang dibeli bapak saat aku masih bocah adalah Rhoma Irama, Nasyida Ria dan Muqtashidah. Waktu haul Mbah KH. Ali Maksum kemarin, KH Bukhori Masruri menjadi pengisi ceramahnya.

Beliau cerita banyak tetang Mbah Ali. Yang membuatku tercengang, kiai Bukhori ini pencipta lagu berjudul Perdamaian, Tahun Dua Ribu dll, yang dinyanyikan grup qasidah asal Semarang, Nasyida Ria.

Aku tak menyangka sebelumnya bahwa akan bertemu dengan orang yang berada di lingkaran Nasyida Ria. Grup qasidah itu seolah berada di negeri antah berantah, karena aku kerap mendengarkannya di awal tahun dua ribuan. Lagu2 yang dinyanyikan NR (Nasyida Ria) oke punya. Seolah mengingatkan kita bahwa Palestina perang sampai sekarang karena diadu domba dunia, teknologi deras membanjiri kita, apa-apa yang terjadi di dunia ini tergantung pada awak media, bom nuklir sangat berbahaya dll.

Lagu-lagu Nasyida Ria bisa sedemikian keren dan berbobotnya, tidak bisa lepas dari peran pencipta lagunya. Mereka memiliki kegelisahan, kepedulian dan pemikiran yg mendalam terhadap zaman. Salah satu diantaranya adalah alm. Pak Suhaemi. Beliau pencipta lagu Kota Santri yang dinyanyikan lagi oleh Mbak KD ato Mbak Syahrini, aku lupa persisnya. Berpuluh tahun beliau bekerja sebagai penjaga SPBU. Sambil menunggui pelanggan, beliau merenung dan berkontemplasi. Kemudian lahirlah lagu-lagu bermakna mendalam. Untuk kasus alm. Pak Suhaemi, aku hanya ingin teriak “waw keren”. Pencipta lagu memang tokoh di balik layar. Tak banyak yg tahu. Namun diam-diam menggetarkan dunia. Kesederhanaan alm. Pak Suhaemi yang hanya menunggui spbu, tidak ada hebatnya sama sekali. Tapi kalo menunggui spbu dg merenung dan berkarya, sungguh itu sangat hebat. Beliau mengajarkan pada kita, bahwa kondisi apapun tak akan berpengaruh. Asal kita bisa memanfaat waktu.

 Penulis: Elysa Ghazzal
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s