Kesan Keilmuan

Kemarin pagi baru merampungkan buku yang ditulis salah satu orang UIN. Semula thesis yang kemudian dibukukan. Keilmuan di salah satu kampus memiliki nuansa yang khas. Sebut saja UIN Sunan Kalijaga. Di sana akan sering mendengar nama-nama Nashr Hamid Abu Zayd, Arkoun, Riffat Hasan, Syahrur, Bint Syathi’, Amin al-Khuli, Hasan Hanafi, Fazlur Rahman, Asghar Ali Engineer, Amina Wadud, Fatima Mernisi, Jasser Audah, dan lain-lain. Oh iya, hermeneutika juga. Ikon UIN Jogja.

Ketika membaca buku yang ditulis orang UIN pun aku merasakan atmosfir tersebut. Nggak gimana-gimana sih sebenernya, tapi terkadang aku merasa gersang sendiri. Di kelas pun demikian yang kualami. Saat membahas tokoh-tokoh orientalis, gimana ya? Secara pikiran sih seneng mendapatkan hal-hal baru. Hanya saja, hatiku menjadi bolong sendiri.

Ini masalah akademik, kenapa aku berbicara atasnama perasaan terus-terusan? Hahaha. Ciri orang yang hanya bisa merasakan, belum mampu menalar secara semestinya.

Aku merasakan perbedaan ketika aku masuk di kampus kecil ini. Terutama ketika diajar Pak Ginanjar A. Sya’ban. Apa yang disampaikan Pak Ginanjar sangat hidup. Tidak membuat kosong salah satu dari rasa maupun rasio. Atau tergantung gurunya? Bisa jadi. Alumnus UIN ya begitu yang diajarkan. Yang menjadi pertanyaan, bagaimana mulanya keilmuan UIN menjadi seperti itu? Cenderung mengikuti keilmuan Barat. Keilmuan yang dari Arab kurang menonjol, penguasaan terhadap literatur keislaman tidak begitu diperhatikan. Apalagi dengan watak dari keilmuan Nusantara, sedikit terjamah.

Nah, ketika di STAINU, aku merasa mempelajari diriku sendiri. Ya iyalah, lha wong apa-apa serba Nusantara. Gimana sih cara berpikirnya? Tapi bener deh, aku masih penasaran dengan kronologi perjalanan keilmuan di UIN. Ada apa sebelumnya? Di tahun-tahun yang lalu, apa yang telah terjadi? Dinamikanya seperti apa? Jadi ingat Pak Mustaqim yang baru saja menerbitkan buku yang berjudul peradaban di UIN. Hehehe

Asrama Mahasiswa, Matraman Dalam II, Jakarta Pusat

16 Maret 2017

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s