Duh….

Sekelas sama bapak-bapak dan emak-emak memberikan kesan tersendiri bagiku. Akan berbeda jika kita sekelas dengan teman-teman yang sebaya. Semangat dan cara berpikir kita tidak beda-beda amat lah. Lah, kalau berinteraksi dengan mereka, kadang-kadang aku merasa tersudut dan terasing. Terutama jika mereka membicarakan masalah rumah tangga. Namun, dengan hal-hal itu, aku belajar banyak dari mereka.

Yang membuatku merasa paling tersudut adalah ketika mereka memandangku sebagai seseorang yang memilki semesta pikiran seperti mereka. Atau ketika Bu Zakiyah beberapa kali mewarning diriku supaya tidak keasyikan belajar. “Mbak, target menikah kapan?” “Jangan belajar terus Mbak,” “Mau kubilangin sama itu?” “Setelah lulus, mau ngapain? yang penting menikah dulu. Diniatin dari sekarang.” Jawabku, “Iya Bu, iyaaa.”

Pak Rohim juga tak kalah mengerikan dari Bu Zakiyah. Bertanya apakah aku sudah punya calon atau belum. Lalu mau bilang ke bapak-bapak dosen yang masih single. Emang Pak Rohim mau bilang apa? Ya menyampaikan maksud baik. Semacam mak comblang. Benar-benar membuatku mak tratab. Tidak sopan banget sama Pak Dosen.

Bagaimana nggak tersedak ketika setiap pertemuan, itu-itu terus yang dibahas. Aku tidak bisa menjawab. Paling-paling hanya ngeles. Tidak bisa membela diri dengan segenap keteguhan jiwa. Mereka seperti Mamak dan Bapakku saja yang kuatir dengan masa depan anaknya. Padahal orang tuaku tidak segencar mereka dalam bertanya.

Lain lagi dengan Mas Haidir yang selalu bertanya “Sudah berapa bulan to buk hamilnya?” pada Bu Zakiyah. Setiap bertemu Bu Zakiyah, kalimat tersebut yang terlontar. Nggak ada pertanyaan lain apa? Mas Haidir ini pindahan dari kelas B, menggantikan Adeny. Bacaannya juga kuat. Penyuka fiksi, kayaknya sih. Aku dipinjami bukunya Putut EA yang diterbitkan Mojok. Kemarin, ia mengabsenku dan bu Zakiyah apakah kami telah merampungkan bukunya. Baru hari ini aku membuka dan membaca kumcernya Mas Putut. Dua judul lagi belum dibaca.

Asrama Mahasiswa, Matraman Dalam II, Jakarta Pusat

02 Maret 2017 (23:28)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s