Sudut-sudut Jakarta

Jika ada yang mengatakan setiap sudut Yogyakarta romantis, aku ingin mengatakan bahwa setiap sudut Jakarta semrawut. Bagiku, tidak ada beda antara keromantisan dan kesemrawutan. Sama-sama kesan yang dibangun oleh orang-orang yang pernah tinggal di dalamnya. Tak pernah kusangka sebelumnya, kalau aku bisa memiliki rasa kangen terhadap Jakarta. Padahal, awalnya aku sering mengutuki kota ini. Kota ibu tiri. Lama-lama aku respek juga ternyata. Wkwkwk

Kemacetan. Betapa tidak pernah tidak macet di Jakarta. Jalannya muter-muter. Beberapa orang sampai frustasi dengan kemacetan. Kalau tidak memiliki cara pandang yang easy going, barangkali bisa stres hanya menghadapi masalah macet. Hal ini berbeda sekali dengan keadaan kampungku yang selalu lenggang. Tidak banyak kendaraan yang berlalu lalang. Justru selalu sepi dan sunyi. Setelah Maghrib, suara jangkrik mulai bersahut-sahutan. Mumpung sedang di Jakarta, nikmatilah kemacetan. Kalau sudah pulang ke rumah, aku tidak akan menemui kemacetan yang parah banget. Barangkali aku akan rindu pada kemacetan yang kini selalu kukeluhkan.

Tempat-tempat yang sering kulewati, aku juga akan merindukannya. Kampus kecil dengan satu tangga yang sempit, guru-guruku di kampus, bau rokok dan kopi yang bercampur dengan AC, gang Nusa Indah, jalan Matraman Dalam II, Masjid Matraman, pasar, dan rumah no. 07 di RT 19 RW 08. Aku akan merindukan semuanya. Detail-detail yang bersangkutan dengan hidupku di Jakarta.

Setiap pulang dari kampus dan melepas kerudung, tercium bau rokok dan AC. Aku sangat jengkel dengan bau ini karena nggak enak. Bu Zakiah selalu dimarahi Ribhi putranya karena bau baju Bu Zakiah yang teramat bau. Tapi suatu saat, aku bakalan kangen dengan bau tak sedap ini. Waktu berjalan dengan cepat. Kini sudah semester dua. Dua bulan lagi sudah liburan semesteran. Setelah liburan, kami akan memasuki semester tiga. Duh, dua tahun bukanlah waktu yang lama. Aku akan teringat teman-temanku di kelas.

Asrama Mahasiswa, Matraman Dalam II, Jakarta Pusat

12 April 2017 (20:12)

Leave a Reply

