Beletat-beletot

Di kelas Historiografi Islam Nusantara, aku mempresentasikan hasil pembacaanku mengenai buku Cina Musim di Indonesia. Setelah presentasi beruntun tiga mata kuliah, aku mencoba untuk menguraikan apa yang menjadi kekuranganku. Dalam hal ini, kebelum-biasaanku dalam menyampaikan ide dan gagasan. Belum bisa mengimprovisasi sebuah informasi yang kutahu. Aku hanya menyampaikan secara deskriptif singkat. Tidak bisa menjabarkan secara panjang-lebar. Kenapa hal itu bisa terjadi?

Aku menganggap bahwa teman-temanku sudah mengetahui informasi yang akan kusampaikan. Sehingga apa? Kalau sudah tahu, aku tidak perlu berpanjang-panjang kalam dong. Hanya disampaikan point-point pentingnya. Asumsi ini tidak selalu tepat karena bisa  jadi, apa yang kusampaikan tidak sistematis dan melompat-lompat. Misalnya begini, blablablaàaku tidak membahas suatu perkara/tidak menyampaikan salah satu poinàblablabla lagi.

Kalimat yang kugarisbawahi ini lah yang menjadi persoalan. Informasi tersebut menjadi jurang pemisah antara informasi sebelumnya dengan informasi sesudahnya. Informasi tersebut tidak kusampaikan karena aku menganggap bahwa hal tersebut tidak perlu disampaikan. Mungkin orang-orang sudah pada tahu.

Selain itu, aku tidak atau belum memiliki kekuatan dan kemampuan untuk berbicara dengan uraian yang panjang. Bisa jadi karena bahasa lisanku lemah, bisa jadi karena aku tidak menguasai materi dengan baik. Yang paling penting adalah belajar sebaik-baiknya dengan memahami baris per baris informasi dari setiap buku. Jangan asal selesai baca. Pastikan bahwa aku tidak melewatkan setiap kalimat. Cermati segala informasi yang terkandung. Nah kan? Tapi ampun deh. Aku bukan tipe orang yang bisa tampil di depan umum dengan PD. Aku juga nggak nyaman dengan posisi depan layar. Apa kaitannya belajar dengan tampil di depan panggung? Ngarang ah.

Asrama Mahasiswa, Matraman Dalam II, Jakarta Pusat

23 April 2017 (1:10)

Leave a Reply

