Atasnama Rakyat

Setelah PILKADA Jakarta, jagad maya dan nyata masih ramai beberapa pekan. Sebelum pilkada digelar, perang media lebih sadis lagi. Nggak mau ikut-ikutan dah. Sebegitu menjijikkan melihat salah satu paslon. Sebenarnya aku juga agak kecewa karena paslon yang kuharapkan tidak bisa merebut suara terbanyak. Sekecewa-kecewanya warga biasa, ada saja perasaan dongkol. Perjalanan politik yang sedemikian memuakkan dan menyebalkan.

Apa yang disampaikan pak Ali di kelas membuatku tersentak. Meski paslon jagoan kita kalah, kita tidak boleh melangitkan doa jelek kepada paslon yang jadi. Karena apa? Kalau kinerja pemimpin buruk, ia tidak bakalan jatuh miskin. Justru kinerja buruk itu akan membuat rakyat semakin menderita. Wajib bagi kita untuk mendoakan yang baik-baik untuk paslon terpilih. Demikian nasihat beliau.

Meski hanya di dalam hati, aku sering menyumpah-serapahi paslon bermulut manis itu. Aku hanya ingin melihat dari jauh, bagaimana kinerjanya di kemudian hari. Mampu bekerja tidak. Tidak hanya bermodal omong doang. Dengan cara-cara yang tidak sepantasnya dalam mencari dukungan, ia bisa bertahan seberapa kuat? Istilah orang Jawa, aku hanya perlu niteni. “Titenono!” waktu yang akan membuktikan segalanya.

Dari gerundelan-gerundelan itu, aku bisa tahu bahwa diriku tidak tulus melihat persoalan. Termasuk menerima paslon syar’i dengan lapang. Aku belum ikhlas dan ingin melihat keburukan-keburukan yang akan menimpanya.

Inilah yang kemudian diluruskan pak Alek. Kalau kinerja gubernur buruk, kasihan rakyatnya. Maka atasnama rakyat, mari berdoa yang terbaik untuk kita semua.

 

Asrama Mahasiswa, Matraman Dalam II, Jakarta Pusat

01 Mei 2017 (11:01)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s