Cara Kerja Budaya

Di pertemuan kelas menulis NUO yang terakhir, didatangkan pembicara wartawan senior dari ANTARA News. Oiya, namanya mas Sigit. Kelas diadakan sore hari. Tidak seperti biasanya yang dilangsukan setelah Isya. Kali itu, mas Hamzah sebagai senior NUO dan Nutizen juga berada di sana. Sempat menyampaikan beberapa perkara berita dan hal-hal yang berkaitan.

Terutama mengenai bahasa, istilah-istilah khas NU (seperti haul, kiai, Islam Nusantara, harlah, dan lain-lain) , dan hal-hal yang lebih urgen dan prinsipil. Tugas wartawan atau jurnalis tidak hanya mengabarkan ada ini, ada itu. Pekerjaan jurnalis lebih dari itu. Pernah dengar cara kerja budaya nggak? Kalau budaya didefinisakan secara terpisah, bisa bermakna beberapa hal. Budaya adalah budi atau akhlak menurut Kiai Zawawi.

Budaya barangkali bisa diartikan sebagai hal yang berbeda dengan politik, formalistik, bersifat luar. Karena apa? Cara kerja budaya adalah mengajak atau mempengaruhi orang lain melalui laku dkk. Suatu hal yang tidak diperlakukan secara ketat atau berbau hukuman dan peraturan.

Aktivitas jurnalis juga tergolong dalam kategori ini. Hal ini yang jarang disadari beberapa jurnalis. Tugas wartawan bukan hanya mengabarkan dan memberitakan. Melampaui kedua hal tersebut. Seperti ketika Islam Nusantara dijadikan wacana dan tema muktamar NU. Islam Nusantara diberitakan secara massif. Tujuannya, memberitahu dan syukur-syukur memberikan pemahaman terhadap publik. Lebih jauh lagi, publik akan bergerak bersama dalam mewujudkan Islam Nusantara, baik secara keilmuan maupun karakteristik Islam di Nusantara.

Media bisa menyiasati target dari cara kerja budayanya. Misalkan untuk mengakrabkan publik dengan suatu hal, media bisa menggulirkan sebuah “kata” dalam beberapa pekan. “Kata” tersebut digunakan dalam sebuah berita secara berulang.

 

Asrama Mahasiswa, Matraman Dalam II, Jakarta Pusat

02 Mei 2017 (20:37)

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s