Woo Cah Gembeng

Seperti biasa, aku memiliki sedikit urusan dengan salah seorang petugas. Aku mengutarakan maksudku dengan stay cool, biasa saja. Ternyata maksudku berbenturan dengan sistem lembaga tersebut. Benar-benar tidak bisa dikompromikan. Padahal, sebelumnya aku pernah mengalami urusan yang sama, dan itu tidak apa-apa menurut petugasnya.

Kali ini petugasnya berbeda, mbaknya masih muda. Aku sudah memohon dengan sangat. Namun, bujuk-rayuku tetap saja tak membuahkan hasil.

Anehnya, aku langsung pengen nangis. Ini nih kebiasaan anak yang belum cukup umur. *Eh, belum dewasa dalam menghadapi persoalan. Dari sekian banyak bahasa untuk mengkomunikasikan apa yang kumaksud dengan orang lain, kenapa bahasa tangis yang kumunculkan? *Woo cah gembeng. Aku mengolok-olok diriku sendiri.

Aku menyadari hal ini ketika aku berjalan dari tempat lembaga itu menuju halte. Sungguh tak dapat dipercaya, orang seusiaku masih belum bisa berdiplomasi dengan baik. Berbicara baik-baik dengan lawan bicara. Kenapa malah memilih menangis? Aku pun tak tahu. Spontan aja ingin menangis. Aku tak bisa mengontrol emosiku barangkali. Mataku berkaca-kaca. Adegan paling melas sedunia lah. Muka-muka perlu dikasihani.

Seketika aku bilang ke mbak petugas kalau sebelumnya aku pernah diizinkan salah satu petugasnya. Akhirnya si Mbak memanggil petugas yang kumaksud. Eng ing eng, ibu itu memang baik deh. Aku boleh memboyong beberapa buku yang kubutuhkan, dengan syarat meninggalkan dua kartu identitas. Kuserahkan KTP dan NPWP. Duh senengnyaa, nggak jadi nangis. Hahaha. Cah edan. Suka bersandiwara alias ngapusi.

Aku akan selalu mengenang ibu itu, dua kali telah mengizinkanku untuk meminjam buku-buku di tempatnya bekerja. Padahal orang lain tentu tak bisa mengakses. Perpustakaannya khusus untuk para pegawai di situ. Terima kasih ibu yang baik hati. Besok aku pinjam lagi ya?

Asrama Mahasiswa, Matraman Dalam II, Jakarta Pusat

23 Mei 2017 (4:35)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s