Sudut-sudut Jogja

Aku tiba di Jogja hari Jum’at. Sebelumnya, aku menginap di rumah Mbak Khanif pada hari Kamis. Pada Jum’at siang, aku menaiki bis Semarang-Jogja dan turun di terminal Jombor. Kusambung perjalananku dengan Trans Jogja. Semula memang berniat untuk dolan ke rumah temen-temen yang sudah seperti saudara sendiri. Mbak Niswah di Jombang, Mbk Umi Kediri, Mbk Khanif Magelang, dan Pak Samsul-Bu Ulya Jogja. Tapi apa daya, kebetulan uang sakunya nggak cukup jadi Cuma bisa ke Magelang dan Jogja.

Setelah aku tidak tinggal di Jogja, semua yang ada di Jogja menjadi begitu berarti dan berkesan. Aku pernah hidup di sini. Setidaknya, aku harus berterimakasih pada kota ini. Aku turun di halte Wanitatama. Di halte ini pula, aku pulang dari UIN untuk pertama kalinya, bersama teman-teman pondok. Masa-masa paling awal keberadaanku di Jogja.

Wanitatama, tempat yang sering kukunjungi karena sering ada bazar buku. Kalau mau ke jalan (gang) kecil di sebelah Wanitatama, ada tempat peminjaman buku di sana. Fatin. Aku betah berlama-lama, menekuri judul-judul buku. Buku-buku tersebut juga boleh dibeli. UIN, pertama kali aku gemetar menginjakkan kakiku di lantainya. Maklum, baru itu melihat bangunan-bangunan besar. Dan aku merasa kecil.

Fakultas-fakultas yang kulewati, perpustakaan, lorong-lorong Ushuluddin yang selalu sepi (dulu aku dan teman-temanku berhaha-hihi di sana), rak 2X1 yang memuat buku-buku yang berkaitan dengan jurusanku (mau tidak mau, aku akrab dengan rak 2X1), masjid (kalau ada jam kosong, aku sukanya nongkrong di sana. Tidur atau netbook an), tempat-tempat potokopian (yang canggih dan super murah), kopma (aku juga gemar ke lantai dua, melihat-lihat buku), perpustakaan Adab, gerai ATM (ngecek duit. Wkwkwk), parkiran Adab dan Dakwah, warung-warung, mushalla Dakwah, dan banyak sekali.

Di masjid dan mushalla Dakwah, aku dan Mbak Nufi sering menghabiskan waktu di sana. Setiap pergantian semester, aku dan Mbak Nufi mencocokkan jadwal, mencari waktu untuk bertemu. Seminggu satu kali sampai dua kali. Mungkin dari semester satu atau dua. Kami rutin bertemu, ngaji sebentar dan ngobrol banyak hal. Pertemanan kami berawal ketika di kelas Bahasa Arab, hanya aku dan mbak Nufi yang tidak berasal dari THK. Aku dri THB (TH Biasa) dan Mbak Nufi dari Filsafat. Karena mendapatkan nasib yang sama, kami menjadi sangat dekat. Kami seperti orang lain di rumah seseorang. Sudah barang tentu anak-anak THK seperti satu keluarga, dan kami hanya tamu mereka.

Aku pernah bersentuhan dengan tempat-tempat itu. Melihatnya kembali, aku seolah memutar ingatanku lagi. Hadeeh, asal aku tidak terbelenggu pada kehidupan masa lalu alias kenangan. Nanti mellow lagi. Tapi orang yang menulis, barangkali tidak bisa lepas dari kenangan karena ia menjadikannya sebagai ide. Semesta hidupnya dipengaruhi oleh kehidupan di masa lalu.

Aku menginap di kostan Mbak Kibti. Teman saat sama-sama belajar di TH. Sengaja tidak menginap di Krapyak karena kupikir, aku tidak bisa fokus karena di sana sangat ramai. Banyak teman-teman pula. Tentu aku akan bercakap-cakap dengan mereka. Tidak bisa sebentar. Beralih dari satu teman ke teman yang lain. Betapa akan menciptakan suasana yang sangat riuh.

Aku hanya mampir sebentar di Q6, menyalami anak-anak bawah. Aku tidak ke lantai dua. Aku juga tidak sowan nDalem (duh merasa menjadi santri yang sangat durhaka). Tapi aku belum begitu merasa menjadi orang lain di Q6. Aku masih menganggap diriku adalah santri Krapyak. Seperti halnya ketika aku datang ke Darut Ta’lim. Karena tempat-tempat itu sangat dekat denganku, aku merasa masih menjadi bagiannya. Bahkan setelah bertahun-tahun boyong.

Kost Sapen, Yogyakarta

17 Juli 2017 (5:46)

 

Leave a Reply

